Minggu, 08 Februari 2015

CATATAN KECIL SEMASA SEKOLAH


CATATAN KECIL SEMASA SEKOLAH
Postingan kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya semasa duduk di bangku sekolah, dari mulai TK, SMP dan SMK.

Taman Kanak-Kanak (TK)

            Ketika umur saya 3 tahun saya merengek ke mamah, saya ingin sekolah seperti kaka sepupu saya yang kebetulan baru masuk SD. Setiap hari saya ikut sekolah dengan kaka sepupu saya, didalam kelas saya hanya duduk dan nyoret-nyoret buku yang disediakan oleh mamah. Namun dengan rasa kemauan saya yang tinggi untuk bersekolah mamah mendaftarkan saya ke salah satu TK miftahus surur yang tidak jauh dengan rumah.  Masa tk adalah masa yang paling menyenangkan sebab banyak bermain sambil belajar.



SEKOLAH DASAR (SD)
            Setelah lulus TK saya melanjutkan sekolah pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Gembongan 1, dari kelas satu sampe kelas tiga selalu dianter sama mamah, ditungguin sama mamah. Terkadang mamah juga ikut kedalam kelas mendampingi saya belajar, waktu itu pernah nangis dicubit tangannya sama mamah gara-gara ngitung gak bisa-bisa  padahal udah diajarin berkali-kali sama mamah. Oh iya saya mempunyai sahabat yang bernama nurleli safitri (LELI)  orangnya baik meskipun terkadang sering marahan sama saya, maklumlah masih kecil. Ada yang bilang bahwa saya sama leli tuh kembar padahal engga, mungkin ada sedikit kemiripan soalnya kita bersaudara. Bukannya hanya leli saja saya mempunyai temen dekat lagi yaitu vega indrian (indri) dan Siti khumaeroh (ae), kami sering berempat terus kalau disekolah. Pernah waktu itu pas kelas 2 saya berantem sama indri sampe-sampe dasi aku putus, tragis bukan. Hahaha
 Banyak kegiatan yang saya ikuti disekolah salah satunya yaitu paskibra, mengikuti lomba paskibra se-kabupaten karawang, tapi sayang kita kalah, meskipun kekalah yang didapat kita sangat senang karena ini adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Bukan hanya itu saya pernah mengikuti kegiatan pelatihan dokter kecil se-wilayah puskesmas cicinde disana saya mendapatkan ilmu tentang kesehatan. Disamping sekolah saya menimba ilmu juga di MDA NURUL HIKMAH.



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
            Setelah lulus SD saya melanjutkan sekolah ke SMPN 1 banyusari.  Awalnya sih masih malu-malu gitu, dari mulai sama anak-anak lain maupun nanya sama guru-guru. Hari pertama MOS  ada salah satu anak yang telat masuk kemudian dia duduk sebangku sama saya, dalam hati saya pengen ngajak kenalan tapi malu, eh malah keduluan deh ngajakin kenalannya, dia mulai nanya siapa nama saya, asal sekolah saya, dan tidak lama kita saling kenal. Dan setelah melewati masa orientasi siswa, saya mulai belajar dismp itu, saya masuk dikelas VII L, di kelas itu saya mulai berkenalan dengan teman baru. Saya mempunyai teman dekat yang bernama hikmah nurmala, hana fitria dan septiani dwi aulia putri.
 Naik ke kelas VIII aku pun saling berbaur dengan teman yang lain, bisa dibilang teman baru. Bahkan dikelas delapan ini aku mempunyai teman-teman yang asik banget, temen cowok apalagi. Pokoknya kita kompak dalam segala hal. Pernah deh waktu itu ngusilin temen sampe nangis, hehe maaf ya kawan.
Naik kekelas XI ketemu lagi dengan teman – teman waktu di kelas tujuh meskipun sebagian soalnnya sebagian lagi dari kelas lain, kelas XII adalah masa-masa yang menyenangkan sekaligus menegangkan, bagaimana tidak ujian nasional sudaah di depan mata. Nah yang paling meneganggkan lagi pas lagi buka amplop kelulusan dan pada akhirnya saya dinyatakan lulus rasa suka cita pun tidak dapat digambarkan serta diluapkannya melalui corat coret dan kompoi meskipun dilarang oleh pihak sekolah. Sayang  foto-foto pas masa smp dan kelulusan tidak ada soalnya memory card aku ke format. 





SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Mungkin jika bisa  balikkan waktu banyak dari temen-temen yang ingin kembali lagi ke masa SMA/SMK, meskipun itu hanya sejam atau sehari saja karena masa – masa ini lah yang disebut masa paling indah. Saya mendaftar ke salah satu sekolah yang banyak diminati oleh banyak orang yaitu SMKN 1 JATISARI, banyak teman baru yang aku dapatkan disana, arti persahabat yang begitu indah bahkan saat tidak ada kegiatan belajar mengajar kita pernah kabur lewat samping sekolah, padahal samping sekolah itu ada sekolah lagi yaitu SMK PGRI JATISARI yang mayoritas siswanya cowok, lari-lari masuki halaman sekolah yang mayoritas cowok, diliatin sama banyak orang keluar dari gerbang sekolah lain, bukannya langsung pulang kerumah ini malah nongkrog di Cimall (cikampek mall). Hahahaa kalau inget kejadian ini jadi ketwa-ketawa sendiri, meskipun satu tahun sekolah disana tapi sangat menyenangkan banget, kangen kalian teman.. ({})
Naik kelas sebelas saya pindah dari cikampek ke sumedang, saya daftar disalah satu sekolah swasta yang ada disumedang yaitu smk muhammadiyah, kepindahan saya di kota ini memerlukan banyak adaptasi, selain dari segi bahasa dan karakter setiap orang, cuaca pun menjadi tantangan untuk berdaptasi, sumedang yang dingin sering membuat saya flu dan batuk, namun setelah hampir 3 tahun ini saya mulai terbiasa dengan cuaca yang dingin. Kembali lagi ke cerita semula, disini saya mulai berkenalan dengan teman-teman semua awalnya sih saya masih malu-malu, terkadang saya juga kurang paham dengan bahasanya, satu tahun berjalan dengan indah. Naik kelas XII semakin akrab dengan teman-teman disini. Masa-masa PKL selama 3 bulan Adalah hal yang menyenangkan bagi saya, bagaimana tidak say pkl disalah satu intansi pemerintah yaitu secretariat daeah kabupaten sumedang, disana saya ditempatkan di bagian tata pemerintahan, pegawainya sangat welcome sekali dengan anak-anak pkl, baik-baik pula kadang sering ngasih makanan gitu. Hihi bukan hanya itu saja saya juga mendapatkan teman baru dari sekolah lain yang sama lagi pkl juga, kalau lagi jam istirahat pasti suka jajan bareng. Nah kalau disekolah saya dekat dengan desi, diah dan rani, kita sering berempat terus kalau disekolah, ke kantin bareng, bahkan ke toilet pun suka bareng. Haha. Meskipun kita berempat sering terjadi konflik bahkan marahan selama beberapa hari terus baikan lagi, kalian adalah sahabat yang tidak bisa saya lupakan, banyak cerita yang kita lalui berempat berbagi suka duka bersama, mentertawai atau ditertawai, mengerjakan tugas bersama, bahkan pernah tidur pas jam pelajaran PKN.
 Selama duatahun rasanya belum puas menikmati hari bersama kalian. Saat guru marah gara-gara kita sekelas pulang duluan padahan masih ada jam pelajaran lain, telat masuk kesekolah, telat upacara, suasana kelas seperti pasar, saat ujian, saat ujikom, bernarsis ria, persahabatan bahkan pertengkaran.
Hari demi hari kita lalui bersama, tugas demi tugas  kita kerjakan dan lalui bersama, ujian demi ujian kita lalui bersama, melalui masa-masa paling tibalah saat pengumuman ujian nasional, hari itu adalah hari yang paling menenggangkan dalam hidup saya karena saat ini lh yang menentukan saya masuk kedalam pintu masa depan yang lebih cerah lagi, dan akhirnya saya dinyatakan lulus. Suka cita pun tidak bisa diuraikan dengan kata-kata, rasa bersyukur bahkan sampai meneteskan air mata kebahagian tumpah dihari itu, kita warga SMK muhammadiyah bersorak dan dan mengucapkan “ALLHAMDULILLAH” sambil sujud syukur ditengah lapangan.

Kini semuanya menjdi kenangn yang sangat indah dan manis bahkan tidak bisa dilupakan, terukir berates juga kenangan didinding sekolah , gerbang sekolah yang berdiri kokoh yang dulu selalu menyapa selamat dating dikali pagi, pulang sambil bermain, sapa dan canda tawa teman berseragam takkan terdengar lagi, semuanya terasa begitu indah. Hanya kerinduan yang bisa saya rasakan.




Demikianlah cerita saya mulai dari tk sampai smk yang tak mungkin saya ceritakan seumur hidup, disanalah saya belajar dan membentuk kepribadian saya, arti persahabatan serta suka cita dalam dunia pendidikan. Terimakasih kepada guru-guru, sahabat-sahabat, teman-temanku yang telah memberikan warna dalam hidupku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar